Pekerjaan Manusia



Saya mendapatkan pelajaran berharga hari ini. Ketika akhirnya saya sadar bahwa saya sepertinya harus bergerak menepi di tepi realitas sembari duduk dan mendefinisikan ulang pertentangan antara kutub kehidupan dan definisi saya sebagai manusia. Rutinitas telah membuat saya bergerak ke sebuah kuadran aktifitas yang hampir mutlak. Hampir menjadi definisi saya dalam melihat diri saya. 

Saya... hampir mendifinisikan diri sebagai apa yang saya kerjakan.

Saya sadar, bahwa sebuah aktifitas yang dilakukan berulang-ulang mungkin saja akan membuat seseorang mendefinisikan dirinya dengan pengulangan-pengulangan tersebut. Yang bahkan bisa saja menjadi jawaban atas pertanyaan, bagaimana kehidupan seseorang akan berakhir. Namun ini bukan diskusi tentang kematian. Lebih daripada itu, saya berfikir bahwa kita yang selalu mendeklarasikan diri sebagai manusia seharusnya meninjau ulang setiap aktifitas. Apakah betul, kita sedang beraktifitas sebagai manusia, mesin atau seperti binatang?

Binatang mencari makan untuk diri dan keluarganya/kelompoknya. Namun dua kelompok singa yang berbeda bisa saja berkelahi hanya karena perbedaan kepentingan, walaupun mereka sama-sama singa. Mungkin pertengkaran itu karena mereka berbeda mahzab dan kepercayaan.

Mesin, berproduksi dan bisa saja dalam satu pabrik terdapat lebih dari satu mesin. Sayang, antara mesin yang satu dengan mesin yang lain tidak pernah berbagi dan berinteraksi. Setiap mesin hanya peduli terhadap pekerjaan dan fungsinya masing-masing. Kalaupun terjadi hubungan, tidak lebih dari dua fungsi yang saling bekerjasama. Kerjasama sebatas fungsi, tanpa empati.

Dan manusia, seharusnya lebih dari semua itu. Manusia bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan dia hidup untuk menjadi manusia. Manusia seharusnya hidup sebagai manusia, bukan hidup untuk bekerja seperti mesin atau berdebat dengan kelompok lain hanya karena perbedaan kelompok seperti binatang.

Manusia punya empati, manusia punya kepekaan sosial dan manusia seharusnya paham untuk apa dia diciptakan. Bekerjalah untuk menjadi manusia, bekerjalah dengan pekerjaan manusia. 

Pekerjaan yang tidak membuatmu lupa tentang tujuanmu kenapa Tuhan menciptakanmu ke dunia.

Comments

  1. Do this hack to drop 2lb of fat in 8 hours

    More than 160,000 men and women are trying a simple and secret "water hack" to burn 2lbs each night in their sleep.

    It is very easy and it works with anybody.

    You can do it yourself by following these easy steps:

    1) Get a glass and fill it up with water half full

    2) And now use this weight loss hack

    and become 2lbs thinner in the morning!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PRO KONTRA MANTAN TERPIDANA JADI CALEG

Kesalahan Berfikir Ilmiah (Bagian 3) : Fallacy of Misplaced Concreteness

Kesalahan Berfikir (Bagian 2) : Fallacy of Retrospective Determinism